Rabu, 09 Februari 2011

Christmas Island

Pulau Christmas
Pulau Christmas / Pulau Natal adalah sebuah pulau kecil yang terletak di selatan Jawa Barat, dan sejajar dengan bagian utara benua Australia. Pulau ini dihuni oleh 1.493 jiwa Manusia, dengan kota terbesarnya yakni Flying Fish Cove. Luas pulau ini hanya 135 KM2, dan tentu saja lebih kecil dari pulau Bali.
Pulau ini juga dihuni oleh (sekitar) 30 juta Kepiting Merah. Jangan salah, kepiting-kepiting ini berkeliaran di mana-mana. Di jalan, rumah, pantai, dll. Walaupun jumlahya hingga jutaan seperti itu, namun ukuran kepiting-kepiting ini cukup kecil, sehingaa tidak mutlak mengganggu aktivitas anda…
Secara logika, Pulau Natal ini lebih dekat dengan perairan Indonesia ketimbang Australia, Namun, pulau ini justru diklaim Australia sebagai bagian negaranya. Sampai sekarang, status pulau ini masih “Organisasi Teritori Australia.”
Kegiatan ekonomi utama di pulau ini adalah penambangan fosfat. Ketika saya buka Google Earth dan menggulirkan ke bagian Pulau Natal, saya melihat banyaaaaak sekali tempat penambangan fosfat. Ada yang di dekat kota Flying Fish Cove, ada yang di tengah-tengah hutan, dll.
Lokasi Pulau Christmas
hUntuk kenampakan fisik secara umum, daerah hutan/pohon-pohon JAUH lebih banyak daripada daerah buatan Manusai. Rata-rata rumah yang ada di pulau ini terlihat kumuh. Gedung aja gak ada.. Tapi, yang ingin ditonjolkan oleh pulau ini adalah eksotika alamnya.
Sangat banyak keindahan alamnya, namun sayang, pulau ini masih belum terkenal di dunia. Seandainya saja bisa lebih terkenal, mungkin saja “Christmas Island” bisa menyaingi tempat wisata lainnya…
Untuk pergi ke pulau ini, anda harus menggunakan jasa tour/travel. Jasa tour yang saya temukan adalah ini : http://www.islandexplorer.com.au/index.php Ada berbagai macam paket yang ditawarkan, mulai dari Family, Honeymooners, hingga Luxury Packet/paket yang bisa kita arrange sendiri.
Pulau ini memiliki 1 airport kecil, di mana pesawat Silk Air dan pesawat “Jet Australia” mendarat dan terbang. Dengan Silk Air, anda bisa langsung terbang dari Singapura menuju Pulau Natal, dan sebaliknya. Apabila anda menggunakan “Jet Australia”, anda akan diterbangkan dari Perth menuju Pulau Natal, dan sebaliknya.
Ada baiknya anda berlibur bersama keluarga anda ke Pulau Natal ini. Tidak perlu khawatir untuk tinggal/menginap di Pulau Natal, karena di sana, terdapat Supermarket, Restoran, Hotel, Komunikasi, Klinik, dll., yang memadai. Mata uang yang diterima di Pulau Natal ini adalah Australian Dollar (AUD), dan usahakan membawa cash, khawatir kalau tidak semua tempat di Pulau tersebut bisa menerima Credit Card
Sebenarnya, ada 1 pulau lagi yang ingin saya bahas, yaitu adalah pulau Cocos (Letaknya sekitar 900 km dari Pulau Natal), namun saya akan menulis artikelnya lain waktu…

1 komentar: